Fungsi IP Address Adalah Sebagai berikut?


Fungsi IP Address merupakan sebagai perlengkapan identifikasi Host ataupun antar muka, alamat posisi pada jaringan pc yang bertabiat unik untuk tiap-tiap pc dan dipakai juga pada jaringan internet.
Definisi dari IP Adress adalah deretan bilangan biner di antara 32 bit hingga 128 bit yang dipakai sebagai media untuk mengidentifikasi untuk setiap fitur pc yang tersambung pada jaringan pc (intranet/internet).
Kelas-Kelas IP Address
Kelas A dipakai untuk jaringan skala besar dengan jumlah host yang sangat banyak, kelas A memiliki hingga 126 jaringan, dan 16, 777, 214 host tiap jaringannya.
IP address kelas A terdiri atas 8 bit untuk network ID dan sisanya 24 bit dipakai untuk host ID, Pada bit pertama diberikan angka 0 sampai dengan 127.

Kelas B dipakai untuk jaringan skala menengah hingga skala besar, terdiri atas 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit dipakai untuk host ID dan Pada 2 bit pertama, diberikan angka 10.

Kelas C Alamat IP kelas C dipakai untuk jaringan berskala kecil, biasanya dipakai untuk jaringan Local zona Network ataupun LAN. Pada 3 bit pertama, diberikan angka 110.

Kelas D Disediakan hanya untuk alamat-alamat IP multicast, namun berbeda dengan 3 kelas di atas. 4 bit pertama di dalam IP kelas D selalu diset ke bilangan biner 1110. 28 bit sisanya dipakai sebagai alamat yang mampu dipakai untuk mengidentifikasi host.

Kelas E Alamat IP kelas E disediakan sebagai alamat yang bertabiat eksperimental ataupun percobaan dan dicadangkan untuk dipakai pada masa depan. 4 bit pertama selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya dipakai sebagai alamat yang mampu dipakai untuk mengidentifikasi host.

Jenis-Jenis Alamat Unicast adalah alamat IPv4 yang didefinisikan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah Internetwork IP. Alamat unicast dipakai dalam komunikasi point-to-point ataupun one-to-one. Alamat Broadcast adalah alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast dipakai dalam komunikasi one-to-everyone. Alamat Multicast adalah alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu ataupun beberapa node dalam segmen jaringan yang sama ataupun berbeda. Alamat multicast dipakai dalam komunikasi one-to-many.
Kali ini kita akan membahas mengenai IP Address. Istilah IP address ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengguna internet, namun tidak sedikit pula tidak memahami mengenai IP Address. Sebagian besar hanya bisa melaksanakan koneksi ke suatu perlengkapan (router) setelah itu ia bisa melaksanakan koneksi internet dengan perlengkapan itu. sementara itu pasa saat melaksanakan koneksi ke internet, IP Address sudah dipakai pada saat itu. Pada informasi ini akan dibahas secara umum mengenai IP Address tersebut.

PengertianIP Address ataupun Alamat IP (Internet Protocol) merupakan baris angkat biner antara 32 hingga 128 bit yang dipakai sebagai bukti diri untuk setiap pc ataupun host dalam jaringan internet. Panjang dari angka ini merupakan 32 bit (IPv4) dan 128 bit (IPv6). IP Address mampu dipecah menjadi 2 ialah IP Private dan IP Public.

Salah satu dari fungsi IP address ini, namun sebetulnya mampu dimanfaatkan untuk keperluan yang lain. Fungsi IP Address merupakan sebagai bukti diri host pada suatu jaringan. Maksudnya apa? bila pc ataupun hp (disebut dengan host) terkoneksi pada sebuah jaringan maka ia sudah pasti memiliki IP Address, bila diibaratkan dalam sebuah lingkungan, maka IP Address ini merupakan Nomor rumah pada lingkungan tersebut. Pemanfaatan yang lain merupakan Anda mampu memakai IP Address untuk menandai suatu device misalkan router, access point, printer atau harddisc berbasis jaringan.

IP Address juga mampu menandai Anda berada di negeri mana, setiap IP Address sudah tentu dipecah kedalam host besar. Misalkan IP Indonesia akan berbeda dengan IP negeri lain. bila Anda memahami mengenai Tracert, dari hasil tracert tersebut akan ditampilkan ip mana saja yang dilewati hingga Anda mendapatkan tujuan dari suatu situs/host tertentu.

Cara mendapatkan IP Address? pada paragraf di atas mampu dimengerti bahwa bila Anda menyambungkan pc/hp Anda pada suatu lingkungan jaringan, secara otomatis Anda akan mendapatkan IP Address tersebut secara otomatis, dan ini dinamakan dengan DHCP ataupun biasa diketahui dengan Dynamic IP. tidak hanya dengan cara otomatis, suatu lembaga tidak menutup mungkin saja tidak memberikan dhcp terhadap clientnya karena suatu sebab keamanan, bila Anda mendapatkan peristiwa seperti ini, maka ini disebut dengan IP Statis/Static IP.

IP Address pada suatu posisi mampu dipecah menjadi 2 tipe:
IP Public merupakan IP Address yang dimiliki oleh setiap fitur pusat yang tersambung dengan yang lain secar luas (WAN) yang mampu dipakai untuk mengakses internet dengan satu ataupun lebih IP Address yang diberikan oleh vendor penyedia layanan internet.
 IP Private merupakan IP Address yang dipakai oleh host ataupun fitur yang lain yang didapatkan dan dipakai oleh jaringan berskala lokal (LAN). IP Address ini membolehkan pemakaian segment ip yang sama asalkan IP Address tidak ada yang sama pada suatu jaringan, bila ada yang sama maka akan terjalin Duplicate IP. tipe IP AddressBerdasarkan binernya, IP Address dipecah menjadi 2:

IP Address tipe 4 (IPv4) ini merupakan tipe yang kerap kita gunakan, terdiri dari 32-bit dan bisa menampung lebih dari 4. 294. 967. 296 host di seluruh dunia. Bagaiana bisa dengan sekian banyaknya host mampu menampung angka sebesar itu? dalam dunia jaringan untuk mengestimasi membludaknya IPv4 ini maka dipakai NAT (Network Address Translation) ialah fungsi yang yang dipakai untuk membagi, mengganti dan memodifikasi dalam suatu pemetaan dari IP Address. IP Address tipe 6 (IPv6)